Minggu, 11 Oktober 2009

MUQADDIMAH

Seorang murid Syeikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi ( seorang ulama besar, ahli hadits dan ahli wara’ yang sangat dalam keilmuwan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT ), mengajukan tujuh pertanyaan kepada beliau. Jawaban dari Syekh, atas desakan berbagai pihak, akhirnya diterbitkan dalam sebuah kitab, berjudul Al I’tidal Fi Maratibur Rijal Al Ma’ruf Bi Siyasatil Islam. Dalam terjemahan Indonesia menjadi Nasehat Politik, diterbitkan oleh Pustaka Nabawi.

Walaupun kitab ini pada awalnya adalah tanya jawab antara Sang Guru dengan muridnya, namun kitab ini penuh berisi nasehat dan jawaban atas berbagai masalah yang tengah dihadapi oleh kaum muslimin secara umum di seluruh dunia. Di dalamnya banyak mengandung peringatan atas berbagai kesilapan dan kesalahan kaum muslimin sendiri, terutama yang berhubungan dengan pemahaman dan pengamalan agama Islam yang mereka anut, sehingga telah menarik berbagai penderitaan dan kekacauan di tengah ummat manusia dewasa ini.

Politik yang dinasehatkan dalam risalah ini, adalah politik yang bersih lagi murni, yang sarat dengan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya, serta tidak keluar dari koridor teladan para shahabat dan alim ulama shaleh terdahulu. Politik yang membawa kepada pahala, rahmat, kehormatan, ketenangan dan kedamaian umat manusia. Bukan politik yag penuh dengan tujuan-tujuan busuk, tata cara dan tipu daya politik yang hina dan membahayakan manusia.

Maulana Zakariyya berusaha mengembalikan dan menyadarkan kita semua akan inti permasalahan yang diderita umat Islam yang hampir merata di dunia, kemudian menyadarkan akan solusi yang sebenarnya yang telah lama dinasehatkan oleh Allah dan Rasul-Nya, namun telah banyak dilalaikan oleh kita sebagai ummatnya.

Disebabkan kelalaian kita itulah, sebenarnya wajar kita mendapatkan berbagai masalah tersebut hingga kita menyadari dan segera kembali dari kelalaian tersebut dan mengambil cara-cara yang telah dinasehatkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan para shalihin terdahulu. Jika tidak, maka ummat Islam akan selamanya diliputi penderitaan dan kehinaan yang tiada henti. Bahkan dapat dipastikan penderitaan dan kehinaan ini akan selalu bertambah dari masa ke masa.

Seandainya ummat Islam ini benar-benar kembali dan masing-masing memperbaiki diri, maka tidak hanya politik, yang Allah akan benahi pada diri kita, namun seluruh aspek kehidupan ini akan Allah jadikan kehidupan yang terbaik, yang selalu dipenuhi dengan rahmat, sakinah, keadilan dan kedamaian. Kenikmatan itu tidak hanya akan dirasakan oleh kaum muslimin, bahkan orang-orang kafir pun akan mendapatkan pengaruh kebaikan dari kebaikan kaum muslimin.

Blog ini sangat layak dan dianjurkan untuk dikunjungi secara berulang-ulang oleh seluruh kalangan ummat ini, baik para tokoh, pejabat, alim ulama, orang-orang kaya, dan atau siapapun mereka, agar menjadi bahan renungan kita semua atas berbagai kejadian di muka bumi ini, sehingga tidak sekedar menjadi bahan seminar, atau kajian atau debat kusir belaka, tetapi menjadi bahan untuk ishlah diri kita masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP